Risiko Puasa Bagi Ibu Hamil? Emang Ada?

0 38

Risiko Puasa Bagi Ibu Hamil – Memasuki Bulan Suci Ramadhan, seluruh umat muslim diharuskan untuk melaksanakan puasa, yaitu menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, serta hal-hal lain yang dapat menodai kesucian bulan ramadhan. Namun bagaimana dengan ibu hamil yang membutuhkan asupan gizi untuk calon bayi?

Puasa dapat menimbulkan risiko pada kondisi kandungan yang kurang baik dan tanpa melakukan konsultasi sebelumnya kepada dokter kandungan.

Sebaliknya, manfaat puasa dapat dirasakan dengan baik apabila kondisi kandungan ibu hamil berada dalam kondisi yang sehat dan sesuai dengan anjuran dari dokter.

Puasa bagi ibu hamil tergolong aman, selama ibu hamil dan kandungan berada dalam kondisi yang sehat. Namun. Apabila kondisi kandungan dan bayi berada dalam kondisi kurang sehat, puasa dapat memberikan risiko.

Dampak Puasa bagi Ibu Hamil.

Dampak Puasa Pada Ibu Hamil

Setelah menjelaskan terkait apakah ibu hamil boleh berpuasa? Kita masuk ke pembahasan dampak yang dapat dialami oleh ibu hamil apabila melakukan puasa.

Pemenuhan gizi dan vitamin harian bagi ibu hamil, merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi ketahanan serta tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan

Dampak puasa bagi ibu hamil bermacam-macam, sehingga melaksanakan puasa saat hamil memerlukan konsultasi dari dokter kandungan yang menangani ibu hamil.

  1.   Risiko Puasa bagi Ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa risiko puasa bagi ibu hamil dengan kandungan yang kurang sehat dan tanpa rekomendasi dokter :

  1. Pusing
  2. Pingsan
  3. Dehidrasi
  4. Asam lambung Meningkat
  5. Lemas

Beberapa risiko yang disebutkan diatas, tidak mengartikan bahwa ibu hamil dilarang puasa sama sekali. Bagi ibu hamil dengan kondisi yang sehat dan telah mendapatkan rekomendasi dari dokter yang memeriksa kondisi kandungan secara rutin.

  1. Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui terkait risiko yang puasa yang dapat dirasakan oleh ibu hamil akibat kondisi ibu dan kandungan yang kurang sehat serta tidak mendapatkan rekomendasi oleh dokter, berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi ibu hamil yang dapat dirasakan, diantaranya adalah

  1. Sebagai salah satu sarana untuk mengatur berat badan selama masa kehamilan
  2. Memperbaiki dan membersihkan metabolisme tubuh.
  3. Meminimalisir adanya kemungkinan diabetes
  4. Menjaga kesehatan jantung pada ibu hamil.

Beberapa manfaat di atas menjelaskan bahwa manfaat puasa bagi ibu hamil sangatlah banyak dan bermanfaat bagi ibu dan tumbuh kembang janin.

Adakah Risiko Puasa Bagi Kehamilan?

Dengan beberapa penjelasan yang telah disampaikan diaas, maka  dapat disimpulkan bahwa puasa merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh seseorang muslim, dengan dalil

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah [2] : 183)

Namun demikian, terdapat beberapa pengecualian bagi seseorang yang memiliki halangan pada kondisi tertentu, salah satunya adalah ibu hamil dengan kondisi tubuh dan janin yang kurang sehat. Sehingga puasa tidak lagi menjadi wajib atasnya.

Untuk itu puasa bagi ibu hamil tidak akan menimbulkan risiko berbahaya apabila kondisi kandungan dan ibu berada dalam kondisi sehat dan dibawah pengawasan dokter yang bertanggung jawab atas kondisi janin.

Namun tidak dengan ibu hamil yang berada dalam kondisi tubuh dan janin yang lemah, maka puasa dapat memberikan risiko seperti yang telah dijelaskan pada point diatas.

Tetap jaga kesehatan selama masa kehamilan dan pandemi covid-19 seperti saat ini. Tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis primer maupun booster, agar dapat meminimalisir kematian ibu dan janin, hospitalisasi serta risiko terburuk akibat dari paparan Covid-19.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh muslim dan muslimah. Jaga hati dan jaga diri dalam menjalani bulan suci ramadhan 2022. Semoga allah menerima puasa dan amal ibadah kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.