Germas Aktivitas Fisik

0 249

Masalah kesehatan merupakan persoalaan serius setiap Negara diseluruh dunia. Masalah kesehatan seperti penyakit menular menjadi polemik yang tidak hentinya dibahas termasuk di Indonesia. Indonesiaa saat ini sedang menghadapi masalah kesehatan Tripelburden. Tripelburden mengacu pada tigas masalah kesehatan utama yaitu penyakit infesi, penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit yang sudah diatasi namun muncul kembali.

Menanggapi hal tersebut kini pemerintah menggiatkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk menciptakan Indonesia sehat. Menerapkan GERMAS dimulai dari diri sendiri dan juga keluarga. Melakukan gerakan hidup sehat bisa meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya adalah melakukan germas aktivitas fisik seperti berolahraga ringan dan rutin.

GERMAS saat ini difokuskan pada tiga kegiatan yaitu, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur dan yang ketiga adalah memeriksa kondisi kesehatan ke dokter. Segala aktivitas GERMAS ini bisa dimulai dilingkungan keluarga untuk menciptakan keluarga sehat.

Contoh Germas Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan gerakan tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan tenaga atau energi. Terdapat tiga hal utama dalam melakukan GERMAS aktivitas fisik yaitu kegiatan sehari-hari, latihan fisik dan olahraga.

Aktivitas Fisik Sehari-hari

Setiap hair tentu kita melakukan aktivitas fisik seperti mencuci, membersihkan rumah, mencuci kendaraan, naik turun tangga. Aktivitas fisik tersebut mampu meningkatkan pengeluaran tenaga dan membakar kalori. Dan berikut adalah table jumlah kalori yang dikeluarkan berdasarkan jenis aktivitas fisik.

Jenis Aktifitas Fisik Kalori yang Dikeluarkan Per Menit Kalori yang Dikeluarkan Per 30 Menit
Mencuci Baju 3,56 Kcal/menit 106,8 Kcal
Mengemudi Mobil 2,80 Kcal/menit 84 Kcal
Mengecat Rumah 3,50 Kcal/menit 105 Kcal
Memotong Kayu 3,80 Kcal/menit 114 Kcal
Menyapu Rumah 3,90 Kcal/menit 117 Kcal
Jalan Kaki 5,60 – 7,00 Kcal/menit 168 – 210 Kcal
Mengajar 1,70 Kcal/menit 51 Kcal
Membersihkan Jendela 3,70 Kcal/menit 111 Kcal
Berkebun 5,60 Kcal/menit 168 Kcal
Menyetrika 4,20 Kcal/menit 126 Kcal

Latihan Fisik

Latihan fisik merupakan semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terencana yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani. Latihan fisik ini termasuk dalam bagian GERMAS aktivitas fisik. Adapun kegiatan nya seperti, olahraga,jalan kaki, peregangan, senam dan bersepede.

Itulah GERMAS aktivitas fisik yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.