Waspadai Kematian Ibu Akibat Kanker

Setiap orang menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan kuat, terutama untuk seorang Ibu hamil yang sedang mengandung janin. Ibu hamil harus berusaha menjaga kesehatan agar janin di dalam kandungannya tetap sehat. Maka dari itu harus di waspadai dan cegah segala bentuk penyakit, seperti kanker.

Kanker memang salah satu penyakit ganas yang mematikan. Bahkan, obat maupun operasi sering tidak berhasil saat melawan ganasnya penyakit kanker ini.

Kanker berkembang pada tubuh Ibu hamil akan menghambat perkembangan janin, contohnya bisa menyebabkan kelainan letak janin, menghalangi persalinan, meningkatkan risiko bayi cacat dan prematur, dan mengancam terjadinya keguguran janin.

Ada dua jenis kanker yang sangat di takuti oleh wanita, yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Dua jenis kanker ini merupakan kanker yang mematikan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Kanker Payudara

Carcioma Mammae atau Kanker Payudara adalah kanker yang menyerang jaringan payudara. Jika kanker payudara menyerang saat proses kehamilan, maka pengobatannya akan disesuaikan dengan usia kehamilan. Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara, berikut:

Kemoterapi

Dilakukan jika usia kandungan sudah melewati Trimester pertama. Untuk ibu hamil yang melakukan kemoterapi, tidak boleh menyusui bayinya karena ASI sudah mengandung obat-obatan yang dapat membahayakan bayi.

Terapi Menggunakan Radiasi

Terapi ini dianjurkan karena dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat. Lalu, terapi ini juga sebaiknya dilakukan setelah Ibu sudah melahirkan bayinya.

2. Kanker Serviks

Kanker yang menyerang wanita saat berada tepat di bawah kandungan. Kanker serviks merupakan kanker yang paling ditakuti oleh wanita. Kemungkinan paling buruk dari Ibu hamil yang terkena penyakit kanker serviks saat mengandung janin adalah janin dalam kandungannya akan di angkat. Pengobatan kanker serviks saat masa kehamilan dapat dilakukan dengan memperhatikan usia kehamilan dan tingkat ganasnya sel kanker. Dokter biasanya akan menyarankan Ibu hamil melakukan pengobatan, seperti:

Kemoterapi

Boleh dilakukan setelah usia kehamilan melewati Trimester pertama, saat janin sudah terbentuk.

Operasi

Dilakukan dibawah pengawasan Ahli Anestesi dan juga menggunakan jenis obat-obatan yang aman bagi Ibu dan juga janinnya.

Kanker Payudara dan Kanker Serviks adalah dua penyakit yang disegani dan ditakuti oleh wanita. Dan mencegahnya adalah dengan cara selalu jaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan sebaik-baiknya.

Segeralah rutin memeriksa kondisi organ kewanitaan ke Dokter untuk mewaspadai penyakit mematikan seperti Kanker.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
10 + 12 =