Tips Memilih Buah untuk Anak di Bawah 1 Tahun

Bagi para ibu wajib memberikan ASI Ekslusif sampai buah hati berusia 6 bulan. Jika sudah itu maka sudah bisa diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Lalu makanan seperti apa yang cocok untuk diberikan sebagai MPASI ? apakah buah-buahan boleh diberikan untuk sikecil? Simak penjelasannya berikut ini.

Pemberian pertama MPASI untuk sikecil biasanya berupa bubur susu, sayur dan buah tergantung dari prefensi masing-masing orang tua. Buah bisa menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk MPASI. Salah satu alasannya adalah karena mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

Buah juga cocok untuk lidah anak dibawah usia 1 tahun karena memiliki rasa yang manis, tak berbeda jauh dengan rasa ASI yang agak manis. Walaupun si kecil diperkenalkan dengan MPASI pertama yang memiliki rasa lebih manis, orang tua tidak harus khawatir buah hati akan menolak sayur yang kurang manis.

Berikan buah sebagai MPASI ketika buah hati anda sedang dalam keadaan senang, cukup tidur dan belum terlalu lapar sehingga nantinya tidak akan rewel. Beberapa jenis buah yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil adalah pisang, alpukat, pir dan apel yang dikukus, atau melon.

Saat diberikan pertama kali, pastikan diberikan dalam bentuk yang sudah dilumatkan sampai halus (pure) sehingga bisa lebih mudah dicerna. Untuk membuat pure bisa menggunakan blender. Lalu kemudian untuk buah yang lebih keras seperti apel dan pir, Bunda dapat mengukusnya dulu sebelum menghaluskannya menjadi pure.

Jika sudah berusia 9 bulan, bisa diberikan cemilan buah yang dipotong dalam bentuk finger food. Sajikan beberapa jenis buah dengan warna yang berbeda-beda agar si Kecil makin semangat makan buah.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.