Tingkatkan Perilaku Makan Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh

Buah dan Sayur adalah asupan makanan yang penting. Masih banyak yang beranggapan kalau buah dan sayuran hanya sebagai pelengkap, sehingga tidak dikonsumsi secara teratur. Padahal buah dan sayur adalah asupan yang penting dikonsumsi dalam menu gizi seimbang.

Berdasarkan SKMI Survei Konsumsi Makanan Individu pada tahun 2014 menyatakan jika 97,1% masyarakat Indonesia tidak mengonsumsi cukup buiah dan sayur.

WHO World Health Organization merekomendasikan buah dan sayur sebanyak 400 gram setiap harinya. Kementerian Kesehatan RI melalui Pendoman Gizi seimbang juga merekomendasikan harus mengonsumsi 3 sampai 5 porsi sayur dan 2 sampai 3 porsi buah-buahan setiap harinya.

Jangan Lewatkan:  Asupan Peninggi Badan untuk Membantu Pertumbuhan Anak

Perilaku memakan buah dan sayur harus ditingkatkan mulai dari sekarang. Selain menjaga kesehatan tubuh juga untuk melengkapi Pendoman Gizi yang seimbang.

Sebab, mengonsumsi buah dan sayur secara tidak mencukupi dapat mempengaruhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Frieda Handayani Kawanto selaku Konsultan Gastrohep Atologi Anak mengatakan buah-buahan dan sayuran memberikan kontribusi dalam membentuk pola konsumsi pangan melalui kandungan yang kaya dengan vitamin, mineral, serat, dan enzim pencernaan.

“Jadi penting bagi kita mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup sesuai dengan angka kecukupan gizi yang telah ditentukan berdasarkan kelompok umur” ujar Frieda.

Jangan Lewatkan:  Manfaat Imunisasi BCG Untuk Bayi

Masyarakat di perkotaan kurang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral disebabkan karena padatnya aktivitas.

Perilaku jarang mengonsumsi buah dan sayur secara tidak teratur dapat berpengaruh pada perilaku Anak. Dengan membiasakan makan sehat yang baik sejak dini akan membentuk karakter Anak makan sehat sehat serta menambah perilaku makan buah dan sayur meningkat sampai Dewasa.

Berilah contoh makan sehat untuk anak, ciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk menambah perilaku makan buah dan sayur meningkat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.