Susu Mentah Kaya Nutrisi Tapi Beresiko

35

Sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia yang gemar untuk minum susu mentah tanpa di olah. Susu mentah sendiri merupakan produk dari susu kambing atau sapi yang belum sama sekali di pasteurisasi. Sebagian dari mereka berpendapat bahwa nutrisi dalam susu mentah jauh lebih baik di bandingkan dengan susu yang sudah dipasteurisasi atau melewati proses pemanasan.

Bagi mereka yang doyan minum susu mentah sangat mempercayai bahwa nutrisi penting dalam susu bisa hilang saat melakukan proses pemanasan. Dan meyakini bahwa susu mentah jauh lebih unggul sebab mudah dicerna serta bisa membantu meningkatkan kekebalan alami.

Memang nutrisi susu mentah lebih unggul dibandingkan susu yang sudah dipanaskan. Namun menurut pakar kesehatan, manfaat susu mentah tidak sebanding dengan resiko yang didapatkannya. Sebab susu mentah sangat berpotensi tercemart bakteri.

Semua produk susu mentah seperti mentega, keju atau yoghurt yang dibuat dari susu mentah tanpa proses pemanasan dan di olah untuk membunuh bakteri seperti E.Coli , tidak dianjurkan. Sebab sangat baik susu untuk melalui proses pengolahan karena akan membuat susu tahan lama dan juga bakteri dari susu akan hilang. Tak jarang banyak yang setelah mengkonsumsi susu mentah akan merasakan diare, kram perut, dan muntah.

Comments