Semakin Marak Peredaran Tembakau Gorila, Ini Dia Bahayanya

20

Saat ini Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan Tembakau Super Cap Gorila atau biasa dikenal dengan Tembakau Gorila. Tembakau Gorila ini marak di incar oleh remaja. Badan Narkotika Nasional (BNN) menetapkan bahwa Tembakau Gorila masuk kedalam jenis narkoba baru. Karena memiliki bahaya untuk kesehatan tubuh seperti narkoba jenis lainnya

Badan Pengawas Obat Makanan (POM) selaku penanggung jawab peredaran makanan dan minuman terus melakukan pengawasan terhadap peredaran dan pengujian dari Tembakau Gorila. Dan yang sangat mengkhwatirkan adalah, Tembakau Gorila diedarkan secara online sehingga setiap kalangan bisa dengan mudah untuk mendapatkannya.

Dari situs BPOM, menampilkan pengujian dari Badan Narkotika Nasional (BNN) terhadap tembakau ini. Tembakau ini memiliki kandungan senyawa kimia New Psychoactive Substances atau NPS, yaitu ABCHMINACA yang termasuk jenis Cannabinoid Sintetis.

Senyawa tersebut merupakan Zat  sintetis berupa serbuk yang memiliki dampak penggunaan sama seperti ganja. Sehingga pada tahun 2017 sudah dikeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, di mana senyawa ABCHMINACA telah masuk dalam daftar Narkotika Golongan I

Sehingga alangkah baiknya untuk masyarakat agar tidak coba coba untuk menggunakan Tembakau Gorila, karena memiliki dampak kesehatan untuk tubuh. Bukan hanya itu penyalahgunaan tembakau ini juga akan mendapatkan Sanksi hukum pidana.

Comments