Promosi Kesehatan Ciptakan Masyarakat yang Sehat

89

Promosi Kesehatan menjadi bagian dalam Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial yang terdapat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sehingga tujuan promosi kesehatan bisa diartikan sebagai langkah untuk menciptakan keluarga dan masyarakat yang sehat.

Pengertian Promosi Kesehatan adalah cara meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari,oleh,untuk dan bersama masyarakat sehingga bisa menolong dirinya sendiri sehingga bisa mengembangkan kegiatan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri.

Tujuan Promosi Kesehatan

Tujuan Promosi Kesehatan adalah untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) individu sehingga memiliki peran aktif dalam kegiatan kesehatan masyarakat melalui upaya promosi kesehatan yang sudah  terintegrasi secara lintas program, lintas sektor, swasta dan masyarakat.

Konsep promosi kesehatan itu sendiri yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kehidupan yang sehat. sehingga nantinya masyarakat sudah bisa mengatasi setiap masalah kesehatan yang terjadi. Masyarakat yang bersama-sama membangun lingkungan sehat dengan melakukan gotong royong sudah masuk dalam bagian contoh promosi kesehatan.

Promosi kesehatan bisa dilakukan dimana saja seperti promosi kesehatan ditempat kerja, promosi kesehatan disekolah, promosi kesehatan dirumah sakit dan promosi kesehatan di puskesmas.

Metode Promosi Kesehatan

Pada dasarnya metode promosi kesehatan yaitu cara menyampaikan materi promosi kesehatan dan pesan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kemampuan individu atau masyarakat dan juga meningkatkan keterampilan sasaran.

Metode Promosi Kesehatan Individu

Dalam tujuan promosi kesehatan, metode yang bersifat individu ini dilakukan sebagai pembinaan perilaku baru atau membina seseorang agar bisa merubah perilakunya menjadi lebih baik dalam bidang kesehatan. Seperti jika ada anggota keluarga yang merokok, kita bisa mengingatkan tentang bahaya rokok. Hal ini dilakukan dengan pendekatan.

Metode Promosi  Kesehatan Kelompok

Metode promosi kesehatan kelompok diterapkan bagi kelompok dengan anggota yang mempunyai kesamaan latar belakang baik dari pendidikan ataupun profesi. Metode promosi kesehatan ini bisa diterapkan di promosi kesehatan disekolah dan promosi kesehatan ditempat kerja.

Metode Promosi Kesehatan Massa

Metode promosi kesehatan massa ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan sehat kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap informasi dan masalah kesehatan.

Comments