Posyandu Berperan dalam Memantau Pertumbuhan Balita

174

Pertumbuhan dan perkembangan Balita merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan orang tua. Sebab tak jarang banyak masalah kesehatan yang mampu menyerang Balita. Berdasarkan Hasil riset kesehatan pada tahun 2013, jumlah Balita dengan berat badan kurang di Indonesia mencapai angka 19.6%. angka tersebut masih jauh dari target yang di inginkan untuk pertumbuhan Balita.

Salah satu langkah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan deteksi dini dari berat badan kurang. Dan cara yang perlu dilakukan adalan dengan mengikuti kegiatan Posyandu yang diadakan di setiap Desa di Indonesia.

Posyandu merupakan Pos Pelayanan Terpadu. Yang menjadi aktifitas berbasis komunitas untuk pelayanan kesehatan masayarakat Indonesia. Posyandu bisa membantu untuk memantau pertumbuhan Balita dengan melakukan timbang berat badan Balita hingga mengukur panjang atau tinggi badan.

Dalam kegiatan Posyandu yang rutin diadakan, Balita akan mendapatkan Suplementasi Vitamin A di bulan tertentu. Jika diketahui ada Balita yang mengalami perlambatan pertumbuhan makan bisa mengunjungi sarana kesehatan yang disiapkan agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih memadai.

Posyandu juga akan memberikan Imunisasi untuk Balita. Imunisasi tersebut meliputi hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan campak. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan cakupan pemberian imunisasi pada balita, guna mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Comments