Pola Hidup Sehat Turunkan Risiko Kanker Payudara

45

Penyakit kanker payudara merupakan momok menakutkan untuk kaum wanita. Bagaimana tidak, penyakit ini termasuk dalam penyakit mematikan. Saat ini, sudah terdapat banyak bukti yang menunjukanjika seseorang yang berhasil lolos dari kanker payudara tahap awal adalah mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin atau menerapkan pola hidup sehat, sehingga menurunkan risiko penyakit ini menyerang kembali. Berdasarkan riset terbaru, faktor utamanya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Menjalankan pola hidup sehat bisameningkatkan prognosis pasien kanker payudara. Dilansir dari WebMD, dalamsebuah studi mengembangkan dan menjalankan program baru untuk membantu menjaga perubahan pola hidup tetap berada dijalurnya. Dalam riset tersebut nantinyaakan dipublikasikan di Simposium Kanker Payudara San Antonio tahunan. Dalam iset tersebut, beberapa ahli sudah menganalisis sekitar 2.300 pasien kanker payudara stadium awal yang telah diobati dengan kemoterapi.

Hampir 50% dari pasien tersebut diminta untuk menjalankan pola hidup sehat selama kurang lebih hampir dua tahun. Dan sisanya menerima saran umum tentang gaya hidup sehat. mereka yang menjalani pola hidup sehat mendapatkan pelatihan diberbagai bidang seperti,mengurangi asupan lemak, mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik.

Dalam penelitian tersebut memperlihatkan jika mereka yang terkena penyakit kanker payudara lalu melakukan pola hidup sehat bisa mencegah penyakit ini datang kembali. Dr Alice Police selaku direktur regional operasi payudara di Institut Kanker KesehatanNorthwell, di Sleepy Hollow, NY menyebutkan jika banyak wanita yang selamat dari kanker payudara mungkin sudah tidak berdaya, namun ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit tersebut yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat.

Comments