Pilih makanan Sehat untuk wanita hamil

45

Asupan makanan untuk wanita hamil tentu tidak seperti dengan orang pada umumnya. Sebab asupan nutrisi bagi ibu hamil akan memberikan peranan untuk perkembangan serta kesehatan bayi. Namun tak jarang wanita yang sedang mengandng akan makan banyak layaknya makan untuk dua orang, sebab faktanya, wanita hamil hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak.

Namun yang terpenting adalah bisa untuk memenuhi kebutuhan nutrsinya. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang berbeda. Makanan yang bagun untuk ibu hamil, yaitu yang mengandung asam folat yang berperan untuk menghindarkan cacat bawaan, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi. Dan berikut beberapa jenis makanan yang bisa di konsumsi untuk ibu hamil.

Air
Asupan air dalam wanita yang sedang mengandung sangat penting hal tersebut untuk mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Saat sedang hamil sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi kurang lebih 2,5 liter air atau sekitar 10 gelas

Sayur dan buah
Sayur dan buah adalah hal utama sebagai makanan sehat untuk wanita hamil. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya lima porsi sayuran dan juga buah buahan. Sayur dan buah banyak mengandung protein, nutrisi, dan vitamin A, K, C dan asam folat yang penting untuk kesehatan mata. Sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat penting karena akan mencukupi serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir). Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS yang paling utama adalah menerapkan di rumah tangga. PHBS rumah tangga bertujuan memberdayakan anggota keluarga agar tahu dan bisa dalam menjalankan perilaku kehidupan yang bersih sehingga bisa tercapainya rumah tangga yang sehat.

Ada indikator PHBS pada rumah tangga yang perlu diketahui seperti, Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan,Pemberian ASI eksklusif,Menimbang bayi dan balita secara berkala, dan Cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Ke empat indikator PHBS tersebut sudah masuk kedalam kategori menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Comments