Periksa Dini untuk Ketahui Penyakit Tidak Menular

38

Penyakit tidak menular perlu dideteksi secara dini karena terkadang tidak terlihat gejala awalnya. Hal inilah yang menyebabkan anda perlu melakukan deteksi dini mengenai keberadaan penyakit tidak menular dalam diri anda.

Pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular

Penyakit tidak menular atau PMT harus dideteksi sejak dini karena jika tidak dikenali sejak dini dapat menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. Dari 10 yang menderita PMT, hanya ada 3 orang yang tahu bahwa dirinya menderita penyakit tidak menular ini. Lainnya hanya tahu penyakit ini setelah muncul gejala komplikasi. Yang sudah terlanjur parah. Hal inilah yang menyebabkan pengecekan PMT ini perlu dilakukan secara rutin terutama untuk mereka yang memiliki faktor risiko.

Pengecekan rutin untuk PMT

Ya, mereka yang memiliki faktor risiko ada baiknya melakukan pengecekan PMT secara rutin. Paling tidak 1 kali setiap bulan. Pengecekan rutin yang wajib dilakukan antara lain adalah :

  • Pengecekan tekanan darah

  • Pengecekan gula daerah

  • Dan pengukuran IMT atau indeks massa tubuh dan juga lingkar perut

Lalu siapa saja yang memiliki faktor risiko dari PMT ini? Mereka yang memiliki faktor risiko ini adalah mereka yang memiliki kebiasaan merokok, memiliki kebiasaan makan sembarangan, mengalami obesitas dan juga tidak senang bergerak. Anda yang memiliki keluarga yang menderita PMT ini sebaiknya juga melakukan upaya pengecekan ini.

Selain pengecekan, upaya menghindari juga perlu dilakukan. Untuk menghindarinya, pastikan anda mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan menghindari faktor yang menyebabkan PMT menjadi lebih parah.

Comments