Penyebaran DBD Juga Bisa Disebabkan Ulah Manusia

39

Pada akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019, Indonesia mengalami kasus lonjakan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Lonjakan DBD ini tidak hanya diakibatkan oleh nyamuk namun juga disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak menerapkan pola hidup sehat dan tidak peduli dengan lingkungan sehingga menjadi tempat sarang nyamuk.

Saat ini kesadaran masyarakat terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) harus di tingkatkan. DBD tidak hanya disebabkan oleh nyamuk, namu juga terjadi akibat perilaku manusia yang menyebabkan nyamuk DBD semakin meningkat.

Perilaku sepele yang bisa menyebabkan nyamuk DBD seperti, membiarkan pakaian bekas tergantung, tidak menguras bak dan membiarkan genangan air di sekitar tempat tinggal. Pada musim hujan seperti ini penyebaran DBD akan sangat tinggi.

Saat musim hujan seperti ini jika kita tidak peduli dengan lingkungan terutama kebersihan lingkungan bukan tidak mungkin penyebaran DBD akan semakin meningkat. Indonesia merupakan endemis DBD, masalah DBD merupakan masalah lingkungan dan untuk mengatasinya tidak hanya dari pemerintah namun juga dari setiap individu di lingkungan masing-masing.

Comments