Penyakit Tidak Menular : Penyebab dan Pencegahannya

9

Meski tidak menular, PTM atau Penyakit tidak menular adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena menjadi penyebab kematian terbesar di dunia.

PTM disebabkan karena perilaku hidup tidak sehat

Dalam acara Temu Media Hari Diabetes Sedunia tahun 2019, Dr. Anung Suhihantoro M.Kes yang merupakan Direktur Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit menyatakan bahwa PTM adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena perilaku yang tidak sehat.

Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang disebabkan karena tubuh yang tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh yang tinggi.

Peningkatan penderita diabetes di Indonesia

Dari tahun 2013 hingga tahun 2018, penderita diabetes meningkat dari 6.9% menjadi 8.5%. Sayangnya dari angka tersebut diketahui bahwa cukup banyak penderita DM atau Diabetes Mellitus yang tidak mengetahui kondisi kesehatan tersebut karena kurangnya kontrol dan pengecekan.

Mengapa peningkatan ini terjadi?

Menurut Dr Anung, peningkatan terjadinya penyakit ini salah satunya disebabkan karena perilaku hidup tidak sehat yang sering dilakukan masyarakat. Perilaku tidak sehat juga merupakan perilaku yang lebih murah di tiru oleh orang lain sehingga menyebabkan pertumbuhan penderita penyakit ini makin tinggi.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan edukasi, perubahan berupa penguatan untuk regulasi dan juga masalah pelayanan. Regulasi yang dimaksud adalah penerapan peringatan mengenai pencantuman kadar gula, garam dan lemak yang dikandung dalam sebuah makanan untuk membuat masyarakat menjadi lebih waspada.

Comments