Pemicu Lain Bertambahnya Berat Badan

30

Bertambahnya berat badan tidak hanya berasal dari apa yang anda konsumsi. Ada beberapa faktor juga yang menjadi penyebab lainnya yang tidak pernah terduga. Pada dasarnya berat badan akan naik ketika kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas lebih sedikit dibandingkan kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi.

Kegemukan tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan saja. Ada beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi metabolisme dan berat badan. Dan berikut adalah faktor lain penyebab berat badan bertambah.

Kurang tidur

Kurang tidur juga menjadi masalah utama terjadinya kegemukan pada tubuh. Ketika anda kurang tidur, tubuh akan mengalami peningkatan kadar hormon yang akan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Ketika kurang tidur anda juga akan cenderung memilih sembarang makanan seperi cemilan tidak sehat dan gorengan.

Stres

Ketika anda mengalami stres maka tubuh anda akan tegang dan memproduksi hormon kortisol. Hormon ini menjadi pemicu utama meningkatnya nafsu makan sehingga akan membuat anda mudah menyantap makanan apapun untuk menenangkan diri.

Penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit yang akan mengakibatkan berat badan bertambah seperti Hipotiroidisme yang akan membuat tubuh tidak memproduksi hormon tiroid yang mencukupi. Hal tersebut akan menyebabkan naiknya berat badan karena melambatnya metabolisme tubuh.

Obat-obatan tertentu

Ternyata obat-obatan juga akan mempengaruhi berat badan anda seperti, Antidepresan. Depresi atau stres menjadi salah satu penyebab berat badan bertambah karena penderitanya akan lebih banyak berdiam diri dirumah. Namun obat depresi ini akan menyebabkan berat badan ikut naik.

Comments