Ngabuburit Sambil Berolahraga Agar Tubuh Tetap Fit

50

Saat bulan puasa, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan untuk menunggu waktu berbuka atau ngabuburit. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan aktifitas olahraga sambil menunggu waktu berbuka. Anda jangan khwatir dehidrasi, justru olahraga tetap dianjurkan meski sedang berpuasa.

Beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk tetap olahraga walaupun dibulan puasa. Dengan berolahraga , tubuh akan terasa lebih sehat saat puasa. Olahraga jangan ditinggali saat puasa, namun intensitasnya yang dikurangi. Sebab olahraga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga tubuh akan tetap sehat selama berpuasa.

Tidak ada salahnya ngabuburit sambil berolahraga. Olahraga bisa dilakukan pada sore hari sekitar 2 hingga 1 jam menjelang berbuka. Untuk menghindari dehidrasi dan kadar gula rendah, lakukan olahraga yang ringan hindari olahraga yang berat.

Jika sore hari cuaca masih panas, hindari olahrga diluar ruangan. Anda bisa berolahraga didalam ruangan dan tetap lakukan olahraga yang ringan. Agar tubuh tidak terlalu dehidrasi.

Olahraga yang cocok saat puasa, seperti, jalan santai atau jogging ringan di area datar, stretching atau kalistenik ringan, aerobik tanpa lompat dan bersepeda. Olahraga bisa dilakukan sekitar 30 menit hingga 60 menit.

Informasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Olahraga juga sangat dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes (Ditpromkes). Olahraga merupakan kegiatan aktivitas fisik, dimana setiap hari anda dianjurkan melakukan kegiatan aktivitas fisik selama kurang lebih 30 menit, bisa dengan cara jogging, bersepeda, atau hal sederhana seperti menyapu atau mengepel lantai rumah.

Aktivitas fisik sendiri juga bagian dari program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicanangkan Kemenkes untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan dengan pola hidup sehat selain makan buah dan sayur serta cek kesehatan secara rutin.

Comments