Muncul Uban di Usia 20an?? Mungkin Ini Penyebabnya

70

Secara perlahan uban akan muncul sejalan dengan bertambahnya usia. Biasanya di usia 30 sampai 40 tahun akan mengalami masa masa munculnya uban. Namun anda juga jangan heran jika seseorang berusia 20an sudah muncul uban. Ada banyak faktor yang menyebabkan uban muncul di usia 20an. Biasanya uban juga bisa muncul karena faktor genetika, jika orang tua kita tumbuh uban di awal itu juga akan menurun kepada anaknya. Selain itu faktor gaya hidup juga bisa membuat uban muncul di usia 20an. Berikut adalah penyebab uban di usia 20an.

Penyebab Muncul Uban di Usia 20an

  • Stres

Ada beberapa studi yang menyebutkan salah satunya adalah studi dari New York University di 2013, dalam studi tersebut menjelaskan , tingkatan stress bisa membuat penipisan stem cell di dasar folikel rambut. Secara perlahan stress bisa menjadi pemicu tumbuhnya uban di usia muda.

  • Faktor medis.

Tak jarang juga, uban muncul karena faktor kesehatan seperti memiliki masalah pada tiroid. Dan juga mereka yang mengidap penyakit automun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia, juga membuat rambut lebih cepat putih. Penyakit ini akan menyerang sel sel tubuh sehingga bisa menyebabkan rambut menjadi putih.

  • Kekurangan vitamin

Uban juga bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin B12. Jika seseorang beruban karena kurang asupan vitamin b12 akibat pernicious anemia. Mungkin ini karena penurunan darah merah, sehingga usus halus tidak bisa menyerap vitamin b12 dengan sempurna

Comments