Mudik Dengan Sepeda Motor Harus Istirahat 2 Jam sekali

45

Menjelang lebaran Idul Fitri, sebagian masyarakat sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halamannya. Para pemudik sudah memadati tempat pemberangkatan seperti stasiun dan terminal. Walau demikian, tidak sedikti juga masyarakat yang memilih untuk mudik menggunakan sepeda motor. Mudik menggunakan sepeda motor seakan sudah menjadi tradisi di Indonesia, walaupun tingkat risiko kecelakaan tinggi, nyatanya animo masyarakat terhadap mudik dengan motor tidak pernah hilang.

Mudik menggunakan sepeda motor sebenernya tidak dianjurkan oleh sejumlah pakar kesehatan, terutama jika harus menempuh perjalanan jauh. Para pemudik yang menggunakan motor sering menganggap remeh rasa lelah pada tubuh. Jika hal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin akan kehilangan konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan.

Agar perjalanan mudik aman dan lancar, dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO menyarankan agar para pemudik dengan motor harus melakukan istirahat yang rutin. Idelnya dengan istirahat 2 jam sekali, agar tubuh tetap fit dan mengurangi kecelakaan.

Saat duduk selama 2 hingga 3 jam tubuh akan terasa pegal, biasanya pegal terjadi diarea badan, otot tubuh, dipunggung bawah. Maka ada baiknya untuk beristirahat 2 jam sekali. Selain itu, untuk merilekskan otor tubuh dan membuat tubuh tetap fitx, pemudik bisa melakukan peregangan 5 hingga 10 menit.

Pemudik juga bisa memanfaatkan fasilitas umum yang sudah tersedia dijakur mudik, seperti fasilitas kesehatan, anda bisa menggunakan fasilitas kesehatan saat tubuh memang terasa tidak bugar

Comments