Mitos Atau Fakta – Rutin Jalan Kaki Bisa Bikin Umur Panjang

95

Tentu kita semua sangat menginginkan memiliki umur panjang dan juga tubuh yang sehat. Tentu salah satu langkah yang dilakukana adalah dengan rutin berolahraga dan juga menerapkan pola makan sehat. Sehingga akan membuat tubuh menjadi sehat. Mengutip dari laman prevention.com , agar bisa memiliki umur panjang sebetulnya sangat mudah, asalkan kita mau menerapkan pola hidup sehat dan juga rutin berolahraga.

Olahraga yang mudah adalah dengan rutin jalan kaki, jalan kaki bisa membuat umur menjadi panjang hingga 100 tahun lebih. Seperti yang disampaikan oleh peneliti asal Amerika, Buettner, mengatakan bahwa kebiasaan sehari hari bisa menjadi penentu dari umur panjang atau pendek. Kota dengan penduduk sehat memiliki umur rata rata lebih dari 100 tahun, seperti dikota Okinawa Jepang, Ogliastra, Ikaria, Yunani,  Nicoya. Dan rata rata lansia dikota tersebut memiliki gaya hidup yang menarik,

Memiliki umur panjang , dan beresiko rendah terkena penyakit seperti kanker, diabetes, jantung dan ginjal. Para lansia dikota tersebut menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan rutin jalan kaki setiap pagi minimal selama 30 menit.

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat sederhana namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jalan kaki bisa membuat sistem peredaraan darah bisa bekerja dengan baik, kesehatan jantung sangat maksimal dan juga menambah kekuatan otot tubuh. Peneliti tersebut mengatakan jika seseorang memiliki gerak tubuh yang cukup, pertambahan usia justru akan membuatnya lebih sehat dan bugar.

Sehingga jalan kaki memang bener bisa membuat umur lebih panjang, karena jalan kaki memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun hal tersebut juga harus di imbangi dengan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan. Dan juga memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan tidur tepat waktu

Promosi Kesehatan merupakan program dari pemerintah yang menunjuk Kementerian Kesehatan khususnya Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Agar terdapat petugas promosi kesehatan yang nantinya berada di setiap puskesmas sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Tujuan promosi kesehatan adalah agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait peningkatan kualitas kesehatan, baik kesehatan individu ataupun kelompok. Promosi kesehatan bisa dilakukan dimana saja termasuk juga promosi kesehatan di sekolah dan promosi kesehatan di tempat kerja. Dan Direktorat Promosi Kesehatan bertugas untuk menyiapkan dan melakukan kegiatan promosi kesehatan dan melakukan penyebarluasan segala bentuk informasi kesehatan kepada masyarakat.

Konsep promosi kesehatan itu sendiri adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat di semua kalangan. contoh promosi kesehatan yang tengah digaungkan adalah program Indonesia Eliminasi Tuberkulosis pada tahun 2030.

Comments