Mitos Atau Fakta? Benarkah setelah melahirkan rambut wanita akan rontok?

74

Bagi wanita yang pernah melahirkan akan mengalami masa dimana, Rambut mengalami kerontokan usai melahirkan atau biasa dikenal dengan Postpartum hair loss. Hal tersebut sudah biasa terjadi untuk wanita biasanya akan terjadi pada bukan ke 3 hingga ke 6 setelah melahirkan.

Ada penyebabnya rambut rontok setelah melahirkan? Umumnya, setiap orang bisa kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari, namun selama masa kehamilan, hormon kehamilan yang di produksi oleh tubuh akan bekerja untuk mengatasi kerontokan. Namun setelah melahirkan, hormon tersebut mengalami penurunan sehingga membuat rambut rontok setelah melahirkan.

Hal ini dirasakan wanita seakan akan setelah melahirkan mengalami kerontokan rambut cukup parah. Hal tersebut kadang dibuat panik, namun jangan panik, hal tersebut merupakan umum terjadi dan itu masuk kedalam fase normal atau rambut rontok yang normal. Jika anak sudah berusia 1 tahun, biasanya rambut rontok sudah tidak terjadi dan kerontokan akan mulai berhenti dan rambut akan kembali seperti semula.

Ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi gizi seimbang dan vitamin selama kehamilan sesuai yang sduah dianjurkan oleh dokter. Selain itu gunakan juga shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut anda sehingga akan mencegah kerontokan yang lebih parah setelah melahirkan. Hindari juga penggunaan perangkat penataan rambut seperti blow dryer, alat pengeriting atau pelurus rambut.

Comments