Menerapkan PHBS Disaat Bulan Ramadhan

Bulan puasa atau bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk membentuk PHBS atau prilaku hidup bersih dan sehat baik di lingkungan keluarga ataupun tempat kerja. Kebiasaan merokok dan makan makanan yang tidak sehat sudah mulai berkurang. Pemilihan makanan sehat juga sangat dianjurkan saat Anda berbuka puasa. Banyaknya pedagang jajanan di jalan bisa berpeluang besar bahwa jajanan tersebut bisa saja tidak sehat bagi tubuh Anda.

Jika masyarakat tetap melakukan PHBS saat Ramadhan tentunya itu akan berdampak positif.Badan akan tetap bugar saat melakukan puasa jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh sudah sesuai. Aktivitas mencuci tangan sebelum makan dan juga berolahraga secara teratur yang disesuaikan kondisi badan juga sangat membantu untuk membuat tubuh Anda tetap sehat dan segar.

Kurangi makanan berlemak dan beralih mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan saat Anda menajalankan ibadah puasa. Mungkin Anda akan tergoda berbuka dengan berbagai makanan yang tersedia. Karena seperti kita ketahui bahwa di bulan puasa akan lebih mudah mendapatkan jajanan seperti kolak dan lainnya dibandingkan hari biasa.

Karena itulah pola PHBS harus tetap Anda terapkan sampai hari raya Idul Fitri. Apalagi saat merayakan Idul Fitri, biasanya rentan akan terserang penyakit seperti diare dan flu. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa mengontrol konsumsi makanan. Oleh karena itu tetaplah mengkontrol dan memilih makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh Anda.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.