Mencegah Kematian Ibu Karena Kanker

Kanker memang penyakit yang menghantui kehidupan manusia. Banyaknya ditemukan berbagai jenis kanker membuat banyak orang menjadi waswas. Untuk para wanita biasanya kanker yang menyerang adalah kanker payudara dan kanker serviks. Tingginya tingkat kematian membuat kita harus lebih serius dalam mencegah berkembangnya jenis kanker ini dan melakukan pencegahannya sejak dini. Penyakit kanker serviks sendiri merupakan penyumbang penyebab kematian tertinggi dibandingkan penyakit kanker lainnya pada negara berkembang. Apalagi seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri kanker serviks merupakan masalah yang harus ditanggulangi secara dini.

Pendekteksian akan kanker serviks atau orang lebih mengenal dengan kanker leher rahim perlu dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pap smear dan juga inspeksi visual asam asetat.

Seperti yang sudah kita ulas, selain kanker serviks kanker payudara juga menakutkan bagi kaum wanita. Karena di Indonesia sendiri tingkat pengidap kanker payudara bisa dibilang presentasenya sangat tinggi. Walaupun pengidap kanker payudara biasanya didominasi oleh wanita yang sudah masuk pada usia senja, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kanker ini juga menyerang wanita dengan umur remaja. Hal ini disebabkan karena kebiasaan gaya hidup dan juga sangat dipengaruhi oleh genetik.

Cara untuk mencegah tumbuhnya kanker payudara bisa dilakukan dari dini. Ada beberapa cara seperti menjaga berat tubuh tetap ideal, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol. Dan menyusui bayi juga salah satu solusi Anda tidak diserang oleh kanker ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
32 ⁄ 8 =