Manfaat Dari Secangkir Kopi

78

Mengkonsumsi kopi sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya minum secangkir kopi dilakukan pada pagi hari sebelum mulai beraktifitas, kopi juga menjadi salah satu penyemangat agar bisa menunjang segala aktifitas. Bukan hanya itu, kedai kedai kopi pun selalu ramai oleh pengunjung, karena kenikmatan secangkir kopi yang bisa memberikan banyak manfaat.

Bagi para pecinta kopi, salah satu manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh dari secangkir kopi adalah mampu meningkatkan konsentrasi dan juga menambah energi. Sebab kandungan kafein dalam kopi memiliki efek positif untuk memori dan juga proses berpikir.

Jika anda penikmat kopi, tentu memiliki alasan kenapa setelah minum kopi kita akan merasa lebih segar. Hal tersebut karena minuman hitam ini mampu meningkatkan ketahanan fisik. Selain itu, Resiko terkena penyakit seperti Diabetes pun bisa ditekan oleh kopi.

Namun demikian, kopi bukan lah minuman ajaib, sebab ada batasan dalam mengkonsumsi kopi. Kelebihan minum kopi akan memicu tekanan darah tinggi, gangguan tidur, pusing hingga gangguan pencernaan. Ada baiknya konsumsi kafein per hari tidak lebih dari 300 mg (Miligram) atau setara 2 sampai 3 cangkir perhari. Namun yang menyehatkan adalah jika tidak menambahkan gula dalam kopi.

Cara Jitu Menjadi Penikmat Kopi

Jangan Minum Kopi Sebelum Jam 10 Pagi

Manusia akan dipengaruhi oleh siklus hormonal 24 jam atau biasa disebut jam sirkadian. Hal ini akan mengontrol pengeluaran hormon kortisol. Hormon ini juga ayang akan meningkatkan kewaspadaan dan membuat terjaga.

Hindari Mengkonsumsi Kafein Berlebih

400 mg kafein atau setara dengan dua cangkir kopi perhari dianggap sebagai takaran yang cukup aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa. Melebihi batas tersebut akan memicu gangguan kesehatan seperti, sakit perut, jantung berdebar hingga gangguan tidur.

Kopi sebagai peningkat energi

Kafein merupakan stimulan yang akan memberikan suntikan energi. Secangkir kopi hangat mampu meningkatkan produktifitas kerja. Dalam secangkir kopi yang kita minum sudah mampu meningkatkan energi untuk menjalankan aktifitas.

Comments