Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

28

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan bawang bombay. Ya kita pasti sering menemuinya didalam masakan. Bukan hanya sebagai bumbu masak, ternyata bawang bombay juga memiliki manfaat untuk kesehatan. bawang bombay memiliki kandungan nutrisi dan zat yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Bawang bombay masuk dalam makanan yang rendah kalori dan kaya akan mineral, vitamin, antioksidan serta serat. Bawang bombay sangat sedikit mengandung lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans. Dalam 100 gram bawang bombay, terkandung kurang lebih 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula, 1,1 gram protein, dan 9,3 gram karbohidrat.

Berikut manfaat lain dari bawang bombay berdasarkan penelitian:

  • Bawang bombay efektif untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh. Beberapa penelitian memperlihatkan jika mengoleskan gel yang mengandung bawang bombay selama 10 minggu efektik untuk memperbaiki bekas luka pasca operasi
  • Bawang bombay bisa mengurangi kadar gula untuk penderita diabetes dengan mengkonsumsi 100 gram bawang bombay setiap hari.
  • Ekstrak dan minyak esensial pada bawang bombay diyakini bisa menekan pertumbuhan bakteri
  • Mengkonsumsi bawang bombay bisa meningkatkan kepadatan tulang
  • Mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus besar, dan prostat. Hal ini adalah karena antioksidan pada bawang bombay berperan sebagai antiradang dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.
Comments