Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Remaja

48

Berdasarkan hasil penemuan dari UNICEF, Adolescene, A Time That Matters menyebutkan jika hampir 70% dari seluruh kematian pada kalangan anak dewasa disebabkan oleh penyakit jantung dan paru-paru. Namun hal tersebut bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak usia muda.

Selain tahun pertama kehidupan, usia remaja juga menjadi periode yang sangat penting dalam masa pertumbuhan manusia. Perkembangan yang paling signifikan yaitu prefrontal cortex di dalam otak yang akan berperan untuk mematangkan kemampuan mengambil keputusan, mengembangkan kepribadian dan kemampuan bersoialisasi.

Perkembangan prefrontal cotex dipengaruhi hormon endorfrim yang produksinya tidak bisa di lepaskan dari tiga elemen yaitu gen deleted in colorectal cancer (DCC) serta hormon dopamin dan hormon kortisol. Sementara untuk meningkatkan produksi hormon endorfin bisa dilakukan dengan aktivitas fisik secara rutin.

Bagi anak remaja, aktivitas fisik yang direkomendasikan adalah dengan lari. Lari menjadi aktivitas fisik paling mudah karena bisa dilakukan siapapun,kapanpun dan dimanapun. Dengan berlari kita bisa menekan rasa gelisah dan depresi.

Berdasarkan sebuah penilitan menyebutkan jika berlari 30 menit secara rutin selama 5 hari dalam 3 minggu bisa membantu remaja untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas dan membuat lebih fokus dalam meningkatkan pencapaian akademis

Comments