Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

45

Ada berbagai cara untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi salah satunya adalah dengan mencoba diet yangtepat. Seorang penderita asam urat sangat penting untuk memperhatikan pola makanan agar gejala asam urat tidak kambuh lagi.

Asam urat merupakan hasil akhirdari metabolism purin. Jika kadar asam urat dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut akan menumpuk pada jaringan tubuh dalam bentuk kristal monosodium urat. Perlu diketahui, asam urat juga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit lain salah satunya adalah penyakit ginjal.

Faktor makanan bisa menjadi pemicu kambuhnya asam urat. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih makanan untuk di konsumsi. Salah satu cara untuk mengontrol asam urat yaitu dengan mengatur pola makan. Dan berikut adalah makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Jeroan
Jeroan hewan memang terlihat nikmat untuk disantap. Namun bagi penderita asal urat, makanan ini harus dihindari. Sebab jeroan hewat banyak mengandung purin tinggi yaitu sekitar 100-1000 mg per 100gram.

Ikan sarden

Ikan sarden termasuk kedalam makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Bagi penderita diabetes perlu memperhatikan mengkonsumsi ikan sarden dalam jumlah besar.

Daging merah

Bagi penderita asam urat harus menghindari mengkonsumsi daging merah. Walaupun memiliki kandungan purin sedang namun jika terlalu banyak sangat tidak baik untuk kesehatan dan perlu menghindarinya.

Comments