Makanan Sehat untuk Jantung Anda

37

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Di Indonesia sendiri banyak kasus kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung ada baiknya untuk menghindari makanan siap saji dan instan. Makanan cepat saji memiliki kolestrol jahat yang tinggi yang mampu meningkatkan risiko penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung.

Cara menghindari risiko terkena penyakit jantung, anda harus menjalankan pola hidup sehat. diawali dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, olahraga rutin dan tidak merokok. Cara tersebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 80%.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Untuk menyehatkan jantung dan bisa meningkatkan kinerja jantung, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Dan untuk manusia, senyawa ini bisa meningkatkan kinerja tubuh lebih baik.  

Beberapa makanan yang mengandung fitonutrien.

  • Kacang

Kacang memiliki kandungan fitonutrien cukup tinggi yang baik untuk kesehatan. Kacang seperti kacang merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi kacang merah tiga kali dalam seminggu. Selain itu,kacang-kacangan juga kaya akan serat dan air dan membuat anda bisa lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah mengkonsumsi lebih banyak kalori.

  • Apel

Mengkonsumsi satu sampai dua apel perhari bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Apel terbukti efektif untuk mengurangi kolestrol jahat didalam tubuh untuk mengatur gula darah. Selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung epicatechin yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Biji-bijian

Mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah, gandung atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat bisa membantu menurunkan risiko jantung dan penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas dan beberapa jenis kanker.

Comments