Makanan Sehat Dan Makan Yang Harus Dihindari Ketika Berbuka

32

Pada saat berpuasa khususnya di tengah pandemi seperti ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama. Hal tersebut karena penyakit terutama Covid-19 sangat mudah menyerang apabila tubuh kita tidak dalam kondisi yang prima.

Salah satu tips menjaga kesehatan selama berpuasa adalah menjaga asupan nutrisi pada tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Berikut ini adalah makanan yang disarankan dikonsumsi ketika berbuka puasa.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kalium

Kalium merupakan kandungan pada makanan yang dapat mencegah kram, menjaga keseimbangan cairan, serta menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalium antara lain adalah kacang-kacangan, pisang, alpukat, yogurt, sayur-sayuran gelap, dan kurma.

Diantara semuanya, kurma merupakan makanan yang sangat disarankan untuk berbuka karena memiliki kalium yang cukup baik.

  1. Konsumsi cairan yang cukup

Selain kurma, ketika berbuka minumlah air putih atau buah yang mengandung cairan untuk mengganti cairan yang hilang ketika beraktivitas selama berpuasa.

  1. Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan selain mengandung kalium juga mengandung lemak salah satunya kacang almond. Lemak baik yang terkandung di dalamnya sangat baik dikonsumsi ketika berbuka untuk mengganti asupan lemak pada tubuh.

  1. Konsumsi sayuran

Sayuran yang kaya serat dan air sangat baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. Hal ini dapat mencegah gangguan pencernaan selama berpuasa.

Selain menjaga kesehatan dengan makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang, kita juga harus menghindari makanan-makanan yang dapat membuat tubuh kita mengalami kompleksitas. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari ketika berbuka puasa.

  1. Hindari konsumsi minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga dapat mengganggu pencernaan. Lebih baik minum air putih atau air kelapa untuk menghilangkan rasa dahaga ketika berbuka.

  1. Hindari konsumsi makanan tinggi gula

Makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti permen atau coklat dapat mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas jika dikonsumsi setiap hari. Kandungan gizi yang sedikit dan tinggi kalori juga dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

  1. Konsumsi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dan berminyak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan terlebih ketika dikonsumsi saat berbuka. Lemak jahat yang terkandung dalam minyak sangat berbahaya bagi tubuh yang kosong karena berpuasa.

Itulah makanan sehat dan makan yang harus dihindari ketika berbuka agar tubuh tetap sehat menjalankan ibadah puasa serta terhindar dari penyebaran Covid-19. Tetap disiplin protokol kesehatan dalam menjalan aktivitas berpuasa.

Comments