Makanan Sahur Sehat Dan Menguatkan Selama Berpuasa

2

Bulan suci Ramadhan segera tiba. Bulan yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia yang tidak sabar menjalankan kewajiban berpuasa. Agar aktivitas tidak terganggu dan badan tetap sehat selama berpuasa, masyarakat muslim harus makan sahur dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Santapan sahur dengan nutrisi yang tinggi seperti makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin akan membantu tubuh tidak mudah dehidrasi dan lemas.

Berikut adalah makanan sahur sehat yang direkomendasikan untuk membantu tubuh tetap kuat menjalankan aktivitas selama berpuasa.

  1. Daging Ayam

Daging ayam merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Daging ayam juga memiliki protein yang tinggi sehingga dapat menyediakan energi bagi tubuh selama berpuasa, khususnya dada ayam.

  1. Ikan

Ikan kaya akan protein dan vitamin yang penting bagi ketahanan tubuh dan juga dikenal sebagai penambah vitalitas. Olah ikan dengan cara di sup, kukus, pepes, dan sebagainya, kecuali digoreng karena akan membuat lebih cepat haus.

  1. Telur

Telur dapat dijadikan sebagai alternatif makanan untuk sahur. Telur mengandung protein, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu tubuh bertahan lebih lama ketika menjalankan aktivitas. Selain itu, telur juga dapat dijadikan beberapa masakan yang tidak akan membuat bosan seperti omelet, balado, dll.

  1. Oatmeal

Apabila bosan dengan nasi dan lauk-pauk, oatmeal bisa menjadi pilihan yang bagus. Selain mengandung karbohidrat kompleks, oatmeal juga kaya akan protein. Tentu olahan oatmeal membutuhkan bahan lainnya tergantung keinginan seperti bubur oatmeal, smoothie oatmeal, dan banyak lainnya.

  1. Sayur dan Buah-buahan

Selain makanan di atas, makanan yang sangat bagus untuk disantap ketika sahur adalah sayur dan buah-buahan. Sayur kaya akan berbagai nutrisi dan serat dan memiliki banyak kandungan air sehingga tubuh tidak mudah lapar dan haus selama berpuasa.

Buah-buahan juga sangat direkomendasikan sebagai hidangan penutup disaat sahur. Selain mempertahankan kandungan air dalam tubuh, buah juga dapat membantu kesehatan pencernaan.

Jangan Lewatkan:  Makanan Sehat Dan Makan Yang Harus Dihindari Ketika Berbuka
Comments