Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Buah Naga adalah buah keluarga kaktus dengan marga Hylocereus – Selenicereus asal Meksiko, Amerika. Kini buah ini telah dibudidayakan di kawasan Asia antara lain Taiwan, Filipina, Vietnam, Indonesia hingga Malaysia. Buah yang memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi tubuh manusia. Diketahui dalam 1 buah naga, ada setidaknya 20 gizi penting yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sarat akan kandungan gizi, berikut beberapa manfaatnya terhadap kesehatan:

  • Memelihara Kesehatan Tulang

Memiliki tulang yang sehat dan kuat akan sangat berguna untuk dapat beraktfitas sehari-hari dengan nyaman. Gangguan pada tulang biasanya akan membuat kita bergerak dengan tidak nyaman. Di dalam buah naga, terdapat kandungan mineral antara lain kalsium, fosfor dan zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi menjadikannya sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tulang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Betakaroten adalah zat yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan mata. Buah naga menempati peringkat kedua sebagai sumber betakaroten setelah wortel. Tentunya ini semakin melengkapi daftar makanan untuk menjaga kesehatan mata di zaman gadget saat ini. di sayuran ada wortel, di buah ada buah Naga.

  • Sesuai Untuk Diet

Apabila Anda sedang melakukan program turun berat badan, maka buah ini bisa Anda masukkan dalam daftar asupan. Dengan kandungan protein yang tinggi, rendah lemak dan karbohidrat, membuatnya cocok untuk dikonsumsi ketika diet. Kandungan serat yang ada dalam buah naga juga membantu melancarkan proses pencernaan.

  • Pencegahan Kanker

Selain berguna menjaga kesehatan, buah naga ternyata juga berkhasiat untuk mencegah masalah kesehatan. Dengan kandungan antioksidan phytoalbumin dalam jumlah tinggi, buah naga dapat membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik guna mencegah perkembangan sel-sel kanker. Buah ini juga dapat mengoptimalkan pembuangan racun, termasuk halnya racun yang dapat memicu kanker.

  • Pencegahan Penyakit Jantung

Buah naga mengandung zat penting yang dapat memerangi sel kanker sekaligus memberi nutrisi kepada jantung. Zat-zat tersebut antara lain vitamin C, B1, serat, asam folat serta karoten. Jantung yang ternutrisi dengan otot yang selalu terlatih akan membuatnya lebih sehat dan kuat terhindar dari penyakit jantung.

  • Pencegahan Diabetes

Diabetes merupkan penyakit yang sangat populer di Indonesia saat ini. Pola hidup kurang sehat menjadikan manusia semakin beresiko mengalami diabetes. Buah naga dapat membantu tubuh dalam mengendalikan insulin dengan konsumsi yang teratur terntunya.

  • Membantu Pembentukan Hemoglobin

Sel darah merah (Hemoglobin) sangat diperlukan untuk memasok energi (oksigen) untuk setiap sel yang ada dalam tubuh manusia. Kadar hemoglobin rendah biasanya akan membuat rasa letih pusing lemas sesak napas. Kandungan vitamin B12 (Riboflavin) dalam buah naga diketahui sangat tinggi dimana zat ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hemoglobin.

Tidak mengherankan apabila buah naga menjadi buah yang cepat sekali populer. Selain karena tampilannya yang unik, banyaknya manfaat yang tersimpan dalam buah naga menjadi penyebab buah ini diminati oleh banyak orang. Kandungan bermanfaat dalam buah naga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, maka sebaiknya Anda mongonsumsi secara rutin dalam takaran sewajarnya.

Rajin makan buah dan sayur merupakan perwujudan masyarakat GERMAS
Makan Buah dan Sayur

Memakan buah buahan sangat dianjurkan untuk kesehatan karena sangat banyak vitamin yang terkandung dalam buah. Dengan rajin makan buah dan sayur anda sudah menjadi salah satu orang yang mewujudkan perilaku GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), sebuah program dari Kementerian Kesehatan lewat Direktorat Promosi Kesehatan Kemenkes (DITPROMKES).

 

 

GERMAS sendiri terdiri dari tiga jenis aktivitas utama yaitu:

  • Aktivitas Fisik 30 menit sehari
  • Rajin Makan Buah dan Sayur
  • Cek Kesehatan Secara Rutin

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.