Ketahui Pantangan untuk Ibu Menyusui

35

Seperti diketahui biasanya bagi ibu hamil memiliki pantangan tertentu agar menjaga bayi dalam kandungan tetap sehat. namun tidak hanya ibu hamil saja yang memiliki pantangan, ada pula pantangan untuk ibu menyusui. Pantangan ini harus tetap diperhatikan untuk mencegah munculnya fek bagi Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan untuk bayi.

Jika pantangan ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin akan menimbulkan risiko untuk ibu dan juga bayi. Untuk menunjang proses menyusui dengan baik dan menjaga kelancaran pemberian ASI ada beberapa hal yang harus dihindari oleh  ibu menyusui.

Merokok

Masih ada saja ibu menyusui yang masih merokok. Hal ini harus dihindari karena akan menyebabkan bayi terkena paparan nikotin. Bukan hanya dari asap rokok, nikotin juga bisa masuk kedalam ASI. Selain memunculkan masalah kesehatan untuk Bayi, paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak.

Minuman beralkohol

Ibu menyusui harus menghindari minum minuman beralkohol. Zat dalam minuman tersebut akan masuk kedalam ASI. Aroma dan rasa ASI pun akan berubah sehingga akan mempengaruhi pola konsumsi ASI, sekaligus memengaruhi pola tidur bayi. Berdasarkan studi, bir dapat mengurangi produksi ASI, karena bir menghambat refleks untuk mengeluarkan ASI (milk ejection reflex) saat bayi mengisap puting.

Buah dan sayur tertentu

Ada beberapa buah yang menjadi pantangan untuk ibu menyusui karena akan memicu timbulnya alergi dan membuat bayi rewel. Seperti, kacang, kedelai, jagung, gandum, dan kubis. Selain itu, sebagian ibu menyusui mengeluhkan efek dari buah seperti lemon, jeruk nipis, stroberi, kiwi, dan nanas. Juga sayur-sayuran seperti brokoli, timun, lada, bawang putih, dan bumbu kayu manis.

Comments