Kentang Ungu untuk Atasi Kanker Usus Besar

81

Kasus kanker usus besar hampir terjadi diseluruh negara di dunia bahkan di Indonesia. Seperti diketahui, kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan, ribuan orang setiap tahunnya harus meninggal karena kanker. Kanker usus besar menjadi pembunuh utama di banyak negara barat. Hal tersebut karena masyarakat luar lebih banyak mengkonsumsi daging dibandingkan sayuran yang bisa membuat mereka rentan terserang kanker usus.

Mengutip laman, Zeenews, sebuah penilitan yang dilakukan Pennsylvania State University di Amerika Serikat mengemukakan jika kentang berwarna ungu bisa menurunkan risiko kanker usus besar serta penyakit usus inflamasi. Sebab kentang ungu memiliki kandungan senyawa bioaktif yang tinggi.

Kandungan senyawa bioaktif dalam kentang ungu seperti anthocyanin dan asam fenolik memang dikaitkan dengan pencegahan kanker. Senyawa tersebut bekerja pada tingkat molekuler sehingga bisa menjadi langkah awal untuk menemukan pengobatan kanker.

Dari penelitian tersebut menyebutkan, bahwa makanan merupakan suatu hal yang bisa dicegah ini dapat meningkatkan penyakit, namun makanan ini juga bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker usus besar.

Dalam penelitiannya, kentang ungu memiliki interleukin mukosa IL-6 dibandingkan dengan kelompok jenis tanaman berwarna lainnya IL-6 adalah protein yang penting dalam peradangan.

Penelitian tersebut langsung dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry, dan menyebutkan jika mengkonsumsi makanan utuh yang mengandung zat gizi macronutrien sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab zat tersebut sangat dibutuhkan manusia dalam jumlah besar, sama hal nya dengan protein

Dengan kandungan mikro dan fitonutrien, seperti vitamin, karotenoid dan flavonoid. Penelitian ini semakin menunjukan jika budaya pola makanan nabati cenderung terkena risiko penyakit kanker.

Saat ini sudah seharusnya kita bisa menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam aktivitas sehari hari. Manfaat PHBS dalam kehidupan sangat besar terutama tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

PHBS bisa diterapkan dimana saja termasuk juga PHBS rumah tangga, PHBS di sekolah dan PHBS di tempat kerja. Indikator PHBS bisa berjalan dengan baik adalah kesadaran diri sendiri dalam menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Comments