Kenali Tanda Bayi Alergi Susu Sapi

80

Sebagai orang tua tentu harus memiliki pengetahuan lebih seputar kondisi buah hatinya termasuk juga gejala gejala seputar alergi susu sapi pada bayi. Bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi akan menampilkan beberapa gejala. Gejala alergi susu sapi bisa terlihat dari saluran cerna, kulit atau saluran pernapasan ketika bayi selelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu sapi.

Gejala pada sistem cerna jika mengalami alergi susu sapi seperti Diare. Banyak orang tua yang belum menyadari hal tersebut. lalu ada juga gejala lain seperti, bengkak dan gatal di area bibir sampai lidah dan orofaring serta tinja berdasarah.

Bukan hanya itu, ada juga gejala alergi susu sapi lain seperti di area kulit, yaitu, kulit berupa biduran (urtikaria) dan eksim (dermatitis atopik). Sementara pada saluran napas, gejalanya ditandai dengan batuk, mengi, asma, dan rinitis.

Jika bayi terlihat mengalami gejala tersebut setelah mengkonsumsi susu sapi. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nantinya dokter akan melakukan diagnosis terhadap kondisi bayi. Nantinya akan dilanjutkan dengan tes alergi pemeriksaan IgE spesifik

Bila memang anak alergi susu sapi, bisa dilakukan aneka tindakan yang mencegahnya sakit dan tumbuh kembangnya pun tidak terganggu.

Comments