Kenali Tanda Anak Mengalami Gangguan pencernaan

65

Saluran cerna adalah organ imunitas terbesar yang memiliki banyak fungsi termasuk juga untuk mengolah gizi, saluran cerna memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan otak sekaligus menjadi penunjang tumbuh kembang anak. Sebab saluran cerna yang sehat bisa menjadi kunci penting untuk pertumbuhan buah hati anda.

Sehingga serat yang ada dalam buah dan sayur sangat penting untuk anak anak dan orang dewasa. Jika kebutuhan serat tidak dipenuhi hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan seperti masalah gangguan pencernaan yang bisa membuat anak mengalami gangguan Buang Air Besar (BAB) atau biasa dikenal sembelit.

Dr Herbowo FA Soetomenggolo Sp A, mengatakan, bahwa anak yang mengalami gangguan pencernaan baisanya akan sembelit lebih dari 3 kali dalam sehari tapi tidak buang air besar. Normalnya setiap hari memang harus buang air besar.

Bentuk tinja yang keras saat dikeluarkan anak, sudah menjadi gejala bahwa anak mengalami gangguan pencernaan. Sebab tinja yang normal memiliki bentuk halus dan mudah dikeluarkan serta tidak membuat anak nangis saat mengeluarakannya. “ucapnya”

Ia juga menambahkan, untuk mencegah masalah pencernaan pada anak, sebagai orang tua perlu memberikan cukup serat yang terkandung pada buah dan sayur Dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ). Dengan serat yang cukup, anak bisa terhindar dari masalah gangguan pencernaan.

Comments