Jangan Anggap Sepele Anak Kurus, Perhatikan 4 Hal Berbahaya Ini

106

bagi orang tua tentu sudah menjadi kewajiban untuk memperhatikan pertumbuhan anak. Sebab jika tidak diperhatikan bisa menjadi pemicu masalah lainnya. Pertumbuhan anak yang baik bisa menjadi penunjang untuk masalah kesehatan dan kecerdasan anak. Tumbuh kembang anak yang sehat bisa dilihat dari berat badan idealnya. Apakah sudah cukup ideal atau malah sebaliknya.

Jika tubuh anak tidak ideal seperti terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus hal tersebut bisa menandakan adanya indikasi penyakit atau masalah kesehatan lainnya pada anak. Masih banyak orang tua yang belum menyadari hal tersebut, jika buah hati anda kurus padahal asupan nutrisi dan gizi nya cukup baik jangan di anggap sepel, sebab bisa juga hal tersebut terjadi akibat masalah kesehatan. Dan berikut adalah alasan kenapa anak tumbuh terlalu kurus.

Apa Penyebab Anak Terlalu Kurus?

  • Ada Infeksi
    Bukan hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa terkena infeksi didalam tubuh. infeksi yang terjadi bisa menyebabkan tubuh anak tidak bisa tumbuh dengan baik. biasanya infeksi terjadi akibat bakteri atau virus yang berbahaya. Seperti infeksi pada paru paru yang bisa menyebabkan Tuberkulosis (TBC). Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan anak menjadi kurus sebab tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.
  • Alergi Terhadap Makanan
    Setiap anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda. bahkan berdasarkan penelitian, alergi bisa menimbulkan penyerapan nutrisi pada makanan yang tidak terserap dengan baik. seperti anak alergi Protein Gluten yang akan menimbulkan rusaknya lapisan usus sehingga tidak bisa menyerap asupan nutrisi dan gizi dengan baik
  • Makan Asal Banyak
    Sebagai orang tua, tentu sudah menjadi tugasnya untuk bisa menjaga asupan nutrisi anak dengan baik dan juga terpenuhi. Sebagian besar orang tua beranggapan bahwa makan banyak maka asupan nutrisi sudah terpenuhi. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Makan banyak masih belum cukup untuk membuat anak tumbuh ideal. Sebab perlu adanya pertimbangan nutrisi yang tepat agar anak bisa tumbuh kembang dengan baik.
  • Masalah Kesehatan
    Masalah keseahatan yang biasa terjadi seperti cacingan atau diare akan menimbulkan tubuh anak menjadi kurus. Diare akan membuat tubuh anak tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik sehingga hal ini akan membuat tubuh anak anda menjadi kurus.

 

Comments