Ini Yang Terjadi Jika Wanita Sering Menahan Buang Air Kecil

27

Menahan buang air kecil merupakan kebiasaan buruk yang akan menimbulkan masalah kesehatan serius. Baik pria ataupun wanita sering kali menahan buang air kecil dengan berbagai alasan seperti toilet terlalu jauh, toilet tidak bersih atau malas pergi ke toilet. Bagi wanita masih banyak yang menyepelekan dampak dari menahan buang air kecil, jika ini dibiarkan akan menimbulkan masalah kesehatan.

Normalnya seseorang buang air kecil setiap empat hingga enam jam. Jika terlalu sering menahan kencing maka akan ada dampaknya. Sering menahan kencing akan membuat otot panggul bisa melemah dan mengakibatkan kehilangan kontrol pada fungsi kantung kemih. Otot panggul berperan dalam mengatur serta membantu baik dalam mengeluarkan kencing atau menahannya

Bahaya lain dari sering menahan buang air kencing adalah rasa sakit. Jika sering menahan kencing akan memunculkan rasa sakit, jika ini terjadi secara terus menerus akan berlanjut pada perut bagian bawah. Jika ini sudah muncul pada bagian bawah perut, rasa sakit ini tidak mudah hilang. Otot akan terasa sakit dan ini sangat mempengaruhi aktivitas sehari hari.

Bahaya lainnya adalah kandung kemih akan menjadi rengga. Jika ini sudah terjadi maka tubuh mulai kehilangan petunjuk kapan kandung kemih harus dikosongkan sehingga dapat berakibat pada seringnya kelepasan buang air.

Comments