Ini Penyebab Gatal Setelah Di Gigit Nyamuk

41

Mungkin kita semua sudah tahu jika setelah digigit nyamuk akan menimbulkan rasa gatal dan bentol. Namun tahukah kenapa itu bisa terjadi ?

Perlu diketahui, yang mendekati kulit manusia hanyalah nyamuk betina. Sementara itu nyamuk jantan tidak pernah mendekati manusia. Dan nyamuk betina tersebut tidak benar-benar menghisap darahkita. Darah manusia yang dihisap nyamuk dibutuhkan untuk membuat terlu dengan mengambil protein dan zat besi yang terdapat pada darah manusia. Biasanya nyamuk betina minum dara sekitar 3 miligram darah pada setiap gigitan

Sementara itu, rasa gatal yang timbul bukan dari gigitan nyamuk, melainkan dari air liur nyamuk yang menimbulkan reaksi gatal pada tubuh manusia. Saat air liur nyamuk masuk kedalam tubuh manusia melalui hisapan, maka saat itu sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap enzim dan protein dengan mengeluarkan zat histamin ke area yang digigit oleh nyamuk. Reaksi tersebut sangat sama ketika ada serbuk sari masuk ke hidung yang menyebabkan bersin.

Walaupun sering dianggap sepele karena hanya menimbulkan gatal dan bentol. Namun ini tidak bisa dianggap remeh,sebab gigitan nyamuk bisa mengakibatkan kematian karena membawa penyakitseperti malaria, encephalitis,  viruswest nile dan demam berdarah.

Comments