Ini Pantangan Untuk Penyakit Diabetes

74

Bagi penderita Diabetes sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan sehari hari. Sebab banyak sekali pantangan makanan bagi penderita diabetes. Seperti, memilih beras merah daripada beras putih sebab nasi putih merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sehingga memilih makanan untuk dikonsumsi sangat penting dan ada beberapa makanan yang seharusnya dihindari. Sehingga penderita diabetes bisa lebih mudah untuk mengkontrol gula darah.

Lalu Apa Penyakit Diabetes?

Diabetes merupakan kelainan metabolisme karena adanya kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak bisa untuk memproduksi insulin atau sel sel tubuh menjadi tidak peka terhadap insulin. Karena insulin merupakan hormon yang memiliki peranan penting untuk membantu mengkontrol kadar gula dalam darah.  Bagi penderita ada beberapa gejala seperti mudah lelah, akan cepat lapar, cepat haus dan akan lebih sering buang air kecil. Dan yang terpenting dalam penyakit diabetes adalah asupan makanan. Berikut adalah pantangan Diabetes yang perlu diperhatikan

Pantangan Diabetes yang perlu diperhatikan

Karbohidrat
Karbohidrat sangat penting untuk tubuh karena sebagai pensuplai tenaga. Namun bagi penderita Diabetes sangat perlu menghindari makanan yang penuh karbohidrat seperti nasi putih, roti putih dan kentang goreng. Bukan hanya itu, makanan berupa sereal karena banyak mengandung gula namun seratnya sedikit.

Susu
Produk susu sebaiknya perlu dihindari bagi penderita Diabetes. Produk susu seperti susu full cream, Yoghurt, Eskrim dan Keju. Namun bagi penderita diabetes masih bisa untuk mengkonsumsi Produk susu seperti, Susu krim, Yoghurt yang rendah lemak, dan juga keju yang rendah lemak.

Protein
protein termasuk dalam pantangan bagi penderita Diabetes. Protein seperti Daging yang digoreng, Kulit unggas, keju, ikan goreng dan tahu goreng. Namun bagi penderita diabetes masih bisa mendapatkan protein dari Daging ayam tanpa kulit, Daging rebus, telur dan kacang kacangn.

Minuman Kemasan Buah buahan

Buah memang banyak mengandung vitamin, serat, mineral dan karbohidrat namun memiliki kadar lemak rendah. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menghindarai minuman kemasan rasa buah, jus buah yang dicampur gula ataupun buah kalengan. Selain itu bagi penderita diabetes juga perlu menghindari minuman beralkohol, minuman penambah energi, the manis dan kopi.

Comments