Ini Dampak Yang ditimbulkan Jika Pemberian ASI Tidak Maksimal

45

Peran Ibu yang baru melahirkan sangat penting, salah satunya adalah memberikan ASI terhadap buah hatinya. Pemberian ASI memang sangat dianjurkan sebab akan mempengaruhi kondisi kesehatan dari Bayi. Memberikan ASI tidak maksimal juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan bayi.

Berdasarkan studi yang didukung oleh Alive & Thrive pada 2015 dengan menghitung beban ekonomi dari Pemberian ASI yang tidak maksimal di 7 Negara Asia Tenggara Seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Dari Studi tersebut memperlihatkan, investasi dan program yang mendukung ibu untuk menyusui bisa menyelamatkan jiwa untuk buah hatinya dan termasuk juga dengan hasil investasi yang tinggi.

Lalu apa saja dampak yang akan ditimbulkan jika pemberian ASI tidak Maksimal?? Dan berikut adalah efek yang dihasilkan jika pemberian ASI tidak maksimal kepada anak.

Mudah Terserang Penyakit
Anak yang tidak mendapatkan pemberian ASI Ekslusif secara optimal akan lebih mudah terserang penyakit seperti Diare dan Pneumonia. Dengan menyusui, sekitar 50% kematian anak dibawah umur 2 tahun akibat penyakit tersebut bisa dicegah. Jika 90% ibu menyusui buah hatinya selama dua tahun, maka 10% dari kematian ibu akibat kanker payudara di ke-7 negara itu dapat dicegah tiap tahunnya.

Berdampak terhadap kemampuan anak
Pemberian ASI
tidak maksimal akan berdampak terhadap pada kemampuan anak untuk belajar. Tentu hal ini bisa mempengaruhi masa depannya. Sehingga pemberian ASI memang sangat penting, agar buah hati bisa tumbuh kembang dengan baik ditambah dengan kemampuan otak yang maksimal.

Produktivitas menurun
Jika buah hati terserang penyakit akibat pemberian ASI tidak maksimal, tentu hal ini berdampak terhadap orang tua. Karena orang tua harus menanggung biaya berobat ke fasilitas kesehatan. Berdasarkan survei, jika pemberian ASI optimal dapat mencegah diare dan pneumonia. Negara pun dapat menghemat lebih dari USD293.000.000 dari ketujuh negara Asia Tengga diatas yang meliputi biaya perawatan, dan biaya fasilitas kesehatan.

Comments