Ini Bahayanya Mendengarkan Musik dengan Earphone hingga tertidur

33

Sebagian besar masayrakat sudah tidak bisa menghilangkan kebiasaan mendengarkan musik dengan Earphone. Sebab melepas lelah dan penat, memang sangat cocok mendengarkan musik dengan menggunakan Earphone selain itu tidak mengganggu dan bisa mendengarkan musik sepuasnya. Namun banyak juga orang yang mendengarkan Earphone diatas kasur hingga tertidur.

Jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama ditambah dengan volume tinggi memiliki dampak buruk dan juga sangat beresiko terhadap kesehatan. Walaupun terdengarnya biasa saja, namun para pakar menyebutkan memiliki bahaya Mendengarkan Musik dengan Earphone hingga tertidur.

Dr. Harim Priyono, SpTHT-KL(K) dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), RS Tjipto Mangunkusumo, mengatakan bahwa, kebiasaan mendengarkan musik menggunakan Earphone memiliki resiko. Menurutnya, telinga sudah seharusnya tidak mengolah suara saat dalam kondisi tidur, saat kita melakukan hal tersebut, gelombang suara yang dihasilkan dari Earphone yang masuk ketelinga maka akan di anggap sinyal bunyi oleh telinga kita. Jika hal tersebut terjadi, maka Koklea atau rumah siput yang memiliki fungsi sebagai pengirim sinyal menuju saraf dan otak masih akan terus bekerja walau dalam kondisi tubuh sedang istirahat. “ujarnya”

Memang dalam kondisi tidur kita tidak bisa mendengarkan musik dari Earphone, namun Koklea akan terus bekerja dalam telinga, dan beresiko mengalami kelelahan sehingga akan memicu terjadinya kerusakan dan gangguan telinga

 

Comments