Indonesia Masuk 5 Besar Penderita Diabetes di Dunia

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia. ribuan orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. penderita nya kadang tidak sadar jika sudah menderita penyakit ini. minimnya kesadaran masyarakat terhadap penyakit ini membuat diabetes semakin berkembang setiap tahunnya dan tidak pernah menurun.

Hal ini juga tentu akan mengancam sistem pembiayaan kesehatan, mengurangi produktivitas serta akan berdampak pada pengelolaan komplikasi yang ditimbulkannya.

Indonesia mempunyai jumlah penyandang diabetes terbesar ke 5 di dunia dengan jumlah pendertianya 9.1 juta jiwa. WHO memprediksikan diabetes akan masuk kedalam 10 besar penyabab utama kematian pada tahun 2030.

Sebetulnya, diabetes komplikasinya bisa dicegah bahkan ditunda dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan ideal, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rokok.

Penanganan diabetes di Indonesia juga semakin kompleks akibat pengembangan sistem kesehatan yang responsif dan diperburuk dengan cakupan asuransi kesehatan yang belum lengkap.  Efek penyakit diabetes berpotensi menghancurkan sistem kesehatan Indonesia dan ekonomi, karena itu diharapkan setiap warga Indonesia mampu waspada akan penyakit diabetes, sebagaimana waspada terhadap penyakit infeksi menular.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.