Ibu Hamil dengam Diabetes, Selalu Jaga Pola Makan

34

PENYANDANG diabetes harus memiliki pola makan yang teratur. Karena, ini terkait dengan glikemik yang bisa memicu gula darah yang tinggi. Pun termasuk dengan ibu hamil yang sebelum hamil sudah mengidap diabetes. Ada beberapa asupan yang harus dijaga dan juga sering dimakan. Apa saja? Perbanyak memakan sayur-sayuran, buah dan juga biji-bijian merupakan kunci ibu hamil dengan diabetes menjaga kondisinya.

Adapun buah yang harus bisa dikonsumsi adalah jambu biji, pepaya, belimbing, jeruk dan juga pir. Kendati demikian, bukan berarti ibu hamil yang tak memiliki riwayat diabetes tak bisa mengidap diabetes. Ini juga bisa terjadi dan sering disebut dengan diabetes gestasional. “Ada juga gestasional diabetes, itu keadaan di mana seorang ibu yang sedang mengandung lalu didiagnosa diabetes,” jelas konsultan endokrin, metabolik dan diabetes, Prof. DR. dr. Sidhartawan Soegondo, Sp.PD.KEMD kepada Okezone di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016).

Kemudian tambahnya, yang gestasional justru berpotensi diabetesnya berlanjut setelah kehamilan atau suatu saat nanti diabetes tersebut muncul kembali dan positif didiagnosa. “Sebabnya mengapa ada beberapa ibu hamil yang saat mengandung mengidap diabetes lalu diabetesnya berlanjut itu penyebabnya ya diabetesnya sendiri. Sang ibu tak menjaga pola makan dan hidup sehat. Untuk itu rutin cek gula darah guna mengetahui dan mengontrol gula darah,” tutupnya.

Comments