Hoax Seputar Obat Virus Covid-19

27

Maraknya virus corona membuat beberapa orang menjadi panik dan berusaha untuk mencari cara agar dapat terhindar dari virus Covid-19 yang kini menjadi pandemi di seluruh dunia.

Berbagai macam cara dan upaya dilakukan masyarakat agar dapat sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Namun jika tidak berhati – hati, masyarakat yang dirundung rasa kebingungan akan mencoba segala cara yang bahkan belum mendapat konfirmasi secara langsung dari tenaga kesehatan.

Baru baru ini, terdapat kabar bahwa virus Covid-19 dapat dibunuh hanya dengan mengonsumsi air kelapa yang di campur dengan perasan jeruk nipis, garam, serta madu. Kabar ini juga diikuti dengan pernyataan bahwa setelah mengonsumsi minuman tersebut, virus akan segera hilang dari dalam tubih, sehingga hasil swab akan menyatakan bahwa orang tersebut negatif dari Covid-19.

Melihat semakin luasnya kabar tersebut, Ari Fahrial Syam selaku Guru Besar Spesialis Penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran UI membantah Klaim tersebut dengan mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Dan jika minuman tersebut dikonsumsi secara berkala, akan menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah pada lambung.

Dengan bantahan tersebut, diharapkan masyarakat jauh lebih berhati – hati dalam memilih dan memilah informasi mengenai kesehatan yang beredar di masa pandemi seperti ini. Diharapkan masyarakat juga mengkonfirmasi informasi – informasi tersebut dengan berkonsultasi dengan dokter atau kunjungi https://s.id/infovaksin untuk cek dan membuktikan hoax seputar Covid-19.

Refrensi = covid19.go.id 

Comments