Hampir 20% Anak-Anak mengalami obesitas

110

Biasanya dulu diabetes dikenal sebagai salah satu penyakit keturunan dan biasanya ditemukan pada rentan usia 30 tahun ke atas. Namun kini sering ditemukan banyak anak anak yang mengidap penyakit ini. kondisi ini semakin diperparah dengan jumlah diabetes anak anak yang semakin meningkat. Di era sekarang ini, banyak anak anak yang terkena obesitas

Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah penilitan terbaru yang dilakukan oleh Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), FAAP. Penilitan yang dilakukan di desa kecil di Bali, menemukan hampir 20% anak anak SD didaerah sana mengalami obesitas.

Bahkan ada anak SD yang berat badannya mencapai 97 kg. 10-20 tahun lagi ini bisa menjadi pasien hipertensi, diabetes dan penyakit lainnya.

Kondisi tersebut menjadi perhatian serius. Untuk mengatasinya perlu kerjasama oleh banyak pihak untuk menekan angka obesitas terutama untuk anak-anak. Seperti  contoh dalam hal imuniasasi dimana adanya harus ada kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan sektor lainnya.

Kesadaran orang tua terhadap kesehatan anak masih belum maksimal, harus ada edukasi yang bisa diterima oleh orang tua untuk menghindari anaknya terkena obesitas.

Comments