Gejala Diabetes Yang Tidak Pernah Disadari

Penyakit diabetes yang sering dianggap sebagai silent killer karena gejalanya yang tidak pernah disadari. Hampir setiap penderita diabetes tidak menyadari jika memiliki penyakit mematikan tersebut. Cara ampuh untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit diabetes adalah dengan melakukan tes gula darah. Namun perlu diketahui juga, ada beberapa gejala yang perlu anda ketahui sebelum melakukan tes gula darah.

Sering buang air kecil dan rasa haus berlebih

Gejala diabetes ditandai dengan sering buang air kecil bahkan pada malam hari anda harus bangun berkali-kali untuk ke kamar mandi. Ginjal memiliki fungsi untuk menangkal semua glukosa ekstra dalam darah dengan menyaring cairah darah lebih banyak. Hal tersebut akan membuat penderitanya sering kencing. Dan untuk haus berlebihan akibat tubuh sedang mencoba mengganti cairan tersebut.

Berat badan menurut

Kadar gula darah tinggi dalam tubuh akan menyebabkan terjadi penurunan berat badan yang cepat. Seperti, berat badan turun 5 sampai 10 Kg selama dua sampai tiga bulan. Ini bukan turun berat badan sehat. hal tersebut karena hormon insulin tidak bisa memasukan glukosa ke dalam sel yang digunakan untuk energi sehingga akan membuat tubuh menggunakan protein dari otot sebagai sumber alternatif pembuatan energi.

Masalah kulit

Kulit merasa gatal, kulit kering terjadi dari sirkulasi pembuluh darah yang buruk dan ini menjadi tanda peringatan diabetes. Contoh lain adalah acanthosis nigricans yakni penggelapan kulit di sekitar leher atau ketiak.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.