Cotton Bud Berisiko Terjadi Luka Ringan Pada Telinga

72

Sebagian besar dari kita mungkin sudah terbiasa untuk membersihkan telingan menggunakan Cotton Bud. Hal ini wajar, dan terlihat tidak berbahaya. Namun ternyata penggunaan cotton bud memiliki dampat yang bisa menimbulkan luka ringan di telinga. Hal ini disampaikan oleh para peneliti.

Ada dua hal yang menjadi kesalahpahaman terbesar dalam penggunaan cotton bud, antara lain. Telinga harus perlu dibersihkan dan ujung kapas pada cotton bud digunakan untuk membersihaknnya. Dan kedua presepsi tersebut salah besar. Seperti yang disampaikan oleh kris Jatana dari Nationwide Children’s Hospital di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Studi yang dilakukan oleh periset Rumah Sakit Anak Nasional menemukan, dalam periode 21 tahun terhitung sejak 1990 hingga 2010 diperkirakan ada 263 ribu anak berusia dibawah 18 tahun yang dirawat di departemen gawat darurat Amerika Serikat karena mengalami luka pada telinga yang dikaitakan dengan penggunaan cotton bud,

Dalam studi tersebut memperlihatkan jumlah anak yang mengalami luka ada sekitar 12.500 pertahun atau sekitar 34 orang setiap hari.

Perlu diketahui, bagian saluran pada telinga sudah memilki kemampuan untuk membersihakn kotoran sendiri. Dengan membersihkan menggunakan cotton bud hanya akan mendorong kotoran telinga untuk masuk kedalam telinga bahkan mendekati gendang telinga. Hal ini memiliki dampak yang ditimbulkan yaitu menyebabkan luka ringan pada telinga

 

Comments