Ciptakan Hidup Germas Mulai Sekarang

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang sering disingkat dengan istilah hidup Germas saat ini sedang menjadi sorotan perhatian pemerintah. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dalam kapasitas satu negara.

Maka oleh sebab itu, kegiatan Germas ini harus dilakukan secara sistematis oleh semua kalangan masyarakat. Setiap Dinas Kesehatan di semua wilayah Indonesia sekarang ini terus berusaha menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat dengan cara melakukan kegiatan Germas tersebut.

Banyak hal yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam rangka menggalakkan Germas ini. Ada dengan cara mengadakan jalan sehat, bersih-bersih desa dan lain sebagainya. Penyuluhan yang dilakukan bukan hanya mengenai dalam diri saja yang perlu dijaga, kondisi lingkungan luar pun harus tetap terjaga kebersihannya karena akan berdampak langsung pada kesehatan masyarakat.

Memang kendala terbesar dari pemerintah khususnya Dinas Kesehatan adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup Germas ini. Hal ini terlihat dengan masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan. Selain itu untuk daerah pelosok juga banyak ditemukan keadaan kehidupan masyarakat yang tidak mempunyai kakus atau jamban. Padahal kakus merupakan salah satu tolak ukur tingkat kesehatan dalam suatu daerah.

Sebagai masyarakat sudah sepantasnya kita mulai belajar untuk hidup Germas demi terciptanya kondisi kesehatan secara menyeluruh. Contoh kecil yang bisa lakukan adalah memisahkan sampah plastik dengan sampah lainnya serta mulai memanfaatkan pembuangan sampah terpadu yang sudah dibangun oleh pemerintah.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
11 ⁄ 11 =