Cegah Penularan Virus Corona Dengan Imun Yang Kuat

11

Baru-baru ini virus Corona berhasil menduduki tingkat atas trending topik pencarian di internet. Virus Corona yang satu ini memang menyebar dengan cepat dari hewan ke manusia. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Corona terjadi seperti penyakit Pneumonia. Sehingga julukan dari penyakit ini adalah Penyakit Pneumonia Wuhan

Indonesia juga menjadi bahan pembicaraan dunia, mengapa hingga saat ini masih kebal terhadap penularan virus ini. Padahal di berbagai negara sudah ada beberapa orang yang positif mengidap penyakit Corona. Ternyata, penyakit Corona ini tidak mampu bertahan di dalam tubuh orang dengan imun kuat. 

Bagaimanakah menjadi imun tubuh kita tetap kuat? 

Menurut keterangan Erlina Burhan, Pokja Infeksi Pengurus Pusat (PP) PDPI yang dikutip dari klikpdpi.com, penularan virus Corona bisa dicegah dengan menjaga imun tubuh agar tetap kuat. Berikut ini berbagai tips untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus : 

  • Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

Asupan nutrisi merupakan salah satu kunci hidup sehat. Di dalam tubuh kuat, paru-paru juga akan bisa bertahan dalam kondisi yang kuat pula. Asupan sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang teratur setiap harinya pasti membuat kekebalan tubuh seseorang meningkat. Sehingga penyakit yang satu ini tidak akan mudah menginfeksi orang tersebut. 

  • Istirahatlah yang cukup

Tips lain agar kekebalan tubuh meningkat adalah dengan cara melakukan istirahat dalam waktu yang tertakar. Idealnya, waktu istirahat yang cukup bagi seseorang adalah 8 hingga 9 jam. Dengan memperoleh waktu istirahat yang cukup, seseorang tidak akan mudah lelah dan terinfeksi penyakit. 

  • Sering mencuci tangan hingga bersih

Tangan yang kotor bisa menjadi media penularan virus dan bakteri. Kondisi tangan yang biasa pun sudah  banyak mengandung mikroba yang tak kasat mata. Terlebih lagi tangan yang ada dalam kondisi kotor dan kemudian memegang benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam mulut. Cucilah tangan anda sesering mungkin, terutama jika akan makan demi menghindari masuknya virus ke dalam tubuh. 

  • Gunakan masker dengan pori-pori yang kecil

Virus Corona memiliki ukuran kurang lebih 100 hingga 120 nm. Oleh karena itu gunakan masker dengan lubang yang pori-porinya lebih kecil dari 100 nm. Dimanapun anda berada, jangan lupa memakai masker karena virus Corona bisa menyebar melalui udara. Masker akan membantu mencegah penularan virus Corona dari orang ke orang melalui udara bebas. 

Penyakit Pneumonia Wuhan ini memang merupakan sesuatu yang terjadi di luar dugaan dan berhasil menyita perhatian dunia. Berbagai tips di atas merupakan cara yang bsia digunakan untuk mencegah penularan virus Corona. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dimanapun anda berada agar tubuh tidak mudah terjangkit virus.  

Comments