Cegah Obesitas Pada Anak Dengan Menerapkan Jam Tidur Teratur

65

Anak anak memliki kerentanan terhadap Obesitas, terutama jika faktor makanan dan jam tidur yang tidak di atur. Jam tidur yang teratur, mengkonsumsi makanan pada waktu yang sama tiap hari dan nonton Tv hanya setengah jam sehari bisa mencegah anak dari obestias di hari yang akan datang.

Dalam penelitian baru baru ini menyebutkan bahwa, ada hubungan antara rutinitas sehari hari yang meliputi, Emosi dan berat badan dengan mempelajari kebiasaan hampir 11 ribu anak di Inggris yang lahir di tahun 2000 hingga 2002

Dalam penelitian tersebut memberikan bukti bahwa rutinitas pada anak usai prasekolah bisa dikaitkan dengan perkembangan anak serta juga mengurangi kerentanan anak terhadap obesitas yang bisa terjadi di masa yang akan datang. Hasil peneleitian ini disampaikan oleh Dr Sarah Anderson, seorang profesor di Ohio State of Public Health.

Hasil dari studi tersebut dipublikasikan di nternational Journal of Obesity pada 24 April 2017. Dalam penelitian tersebut, para peneliti melakukan evaluasi terhadap tiga rutinitas rumah tangga pada anak berusia tiga tahun.

Penelitian ini melibatkan sejumlah aktifitas anak setiap harinya, mulai dari waktu tidur biasa yang teratur, pola makan dan apakah orang tua membatasi anak untuk menonton Tv, lalu kemudian apakah anak menonton televisi hingga satu jam atau kurang tiap hari.

Dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa, anak yang tidur pada jam yang sama dan teratur tidak mengalami obesitas. Sementara itu anak yang memiliki pola tidur tidak teratur mengalami obesitas di usia 11 tahun.

Comments