Cegah Obesitas Dengan Gaya Hidup Sehat

Obesitas atau kegemukan menjadi masalah kesehetan untuk masyarakat Indonesia. bahkan jumlah penderita obesitas pada orang dewasa sejak tahun 2007 sampai 2018 terus mengalami lonjakan yang drastis. Obesitas menjadi perhatian yang serius karena menjadi salah satu sumber penyakit tidak menular (PTM) seperti, stroke, jantung, hipertensi, gagal ginjal hingga diabetes.

Melihat data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi penduduk yang berumur lebih dari 18 tahun yang mengalami obesitas naik 14.8% pada 2013 menjadi 21.8% pada 2018. Pola hidup tidak sehat masyarakat menjadi salah satu penyebab angka obesitas naik.

Jangan Lewatkan:  4 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat

Salah satu penyebab penyakit obesitas adalah karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh masyarakat. Selain itu kurangnya kesadaran tentang pola hidup sehat membuat penderita obesitas terus melonjak setiap tahunnya.

Sesuai dengan Riskesdas 2018, di Indonesia perilaku makan buah dan sayur yang cukup (5 porsi per hari) sesuai dengan anjuran WHO baru mencapai 5%. Perlu diketahui, di Indonesia angka kematian akibat PTM termasuk obesitas mengalami kenaikan, dari 49,9% pada 2001 menjadi 59,5% pada 2007. Konsumsi gula, garam, dan lemak menjadi pemicunya.

Jangan Lewatkan:  4 Cara Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat

Langkah sederhana untuk mencegah obesitas adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. rutin berolahraga, makan buah dan sayur dan cek kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.